Spanyol Menang Bungkam Georgia untuk Perempat Final yang merepotkan pada babak 16 besar Euro 2024 usai menang dengan skor 4-1.

Bola Skor – Pada babak 16 besar Euro 2024, Senin (1/7/2024) dini hari WIB, tim Spanyol menang 4-1 atas Georgia, negara pecahan Uni Soviet, melemahkan perlawanan mereka. Rodrigo, Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo mencetak empat gol yang membawa Spanyol ke perempat final.

Spanyol sendiri sempat terkejut dengan gol bunuh diri Robin Le Normand, tetapi mereka cepat pulih. Spanyol akan menghadapi Jerman di perempat final setelah kemenangan ini. Meskipun ini adalah pertarungan “final” yang sulit, pemenang akan ditentukan dalam pertandingan babak delapan besar Euro 2024.

Baca Juga :

Hasil Euro 2024 Inggris Menang atas Slovakia dengan Gol Salto Jude Bellingham

Pertandingan Spanyol vs Georgia

Di menit kelima, Spanyol mendapatkan peluang langsung melalui sontekan Pedri. Menggunakan umpan Dani Carvajal, sontekannya tepat ke Mamardashvili.

Spanyol menang enam kali dari tujuh pertemuan terakhir mereka lawan Georgia di berbagai ajang. La Roja bersiap untuk memperpanjang rekor itu di pertandingan ini.

Spanyol memiliki dua tendangan sudut dalam waktu sepuluh menit. Dalam menit kesebelas, Nico Williams melepaskan tembakan yang masih diblokir.

Keluar dari kepungan Spanyol sangat sulit bagi Georgia. La Roja melakukan banyak serangan berkat kecepatan Nico Williams dan Lamine Yamal, tetapi hingga menit ke-14 skor tetap 0-0.

Sebenarnya, Georgia melakukan serangan balik di menit ke-18. Setelah umpan silang dari Kakabadze, Robin Le Normand malah menahan bola masuk ke gawang sendiri, menghasilkan skor 0-1 untuk Georgia.

Di menit ke-22, Fabian Ruiz membuka peluang dengan tembakan dari sisi kanan. Mamardashvilli masih bisa mengambil tembakan gelandang PSG itu.

Spanyol terus berusaha untuk mengimbangi skor. Di menit ke-29, Aymeric Laporte melepas tembakan jarak jauh, tapi masih jauh dari target. Serangan balik Georgia sangat mengancam.

Mikautadze sudah masuk ke kotak penalti, tetapi pemain Spanyol masih bisa menghentikan pergerakannya di menit ke-31. Selain itu, peluang Kvaratskelia di menit ke-33 sama.

Di menit ke-34, Spanyol bangkit dan hampir mencetak gol melalui tendangan Marc Cucurella. Georgia masih unggul 1-0 setelah kiper Mamardashvili menepis bola sekali lagi.

Rodri mencetak gol untuk Spanyol, menyamakan skor menjadi 1-1. Di menit ke-39, Rodri berhasil menembus jala Georgia setelah memanfaatkan umpan Nico Williams.

Spanyol dan Georgia masih imbang 1-1 hingga akhir babak pertama. Spanyol melakukan 17 tembakan selama babak pertama. Ada kemungkinan untuk menambah gol di babak kedua?

Babak Dua: Spanyol menghadapi Georgia

Di menit ke-47, Georges Mikautadze mencoba serangan balik cepat setelah merebut bola dari pemain Spanyol. Pemain La Roja masih dapat mengontrol pergerakannya.

Keluarnya Kvaratskelia dari garis tengah lapangan dengan tendangan. Di menit ke-48, Unai Simon melepas tendangan spekulasi yang masih melebar saat dia sedikit di depan.

Di menit ke-51, tendangan bebas Lamine Yamal membalas dua serangan Georgia, tetapi Mamardashvili menghalanginya. Namun, Lamine Yamal membalas dengan umpan jitu, membuat Fabian Ruiz mencetak gol, mengubah skor menjadi 2-1.

Lamine Yamal sudah melepas beberapa peluru dalam waktu yang sangat singkat. Tembakannya masih melebar tipis di sisi kiri gawang Georgia pada menit ke-53.

Menit ke-63, Lamine Yamal nyaris membuat sejarah sekali lagi. Sayang, kaki kirinya masih terluka. Dia hampir menjadi pencetak gol terbanyak di Euro.

Giorgi Tsitaishvili memberi Georgia peluang. Di menit ke-68, tendangan Tsitaishvili, yang mendapat umpan dari Kvaratskelia, masih menyamping. Spanyol masih memiliki skor 2-1.

Saat Lamine Yamal mencetak gol di menit ke-74, penonton Spanyol bersorak. Namun, dia sudah offside saat menerima umpan dari Dani Olmo.

Nico Williams akhirnya mencetak gol untuk Spanyol di menit ke-75, membuat mereka menang 3-1. Kali ini, Spanyol menyerang Georgia dengan serangan balik, menghasilkan gol Williams.

Lamine Yamal gagal mencetak gol keempat untuk Spanyol. Mamardashvili mampu menghentikan tembakan tersebut pada menit ke-80.

Dani Olmo mencetak gol keempat untuk Spanyol di menit ke-83. Dani Olmo mengubah skor menjadi 4-1 ke gawang Georgia yang mulai kacau setelah tertinggal dari Spanyol dengan memanfaatkan umpan dari Mikel Oyarzabal.

Sampai pertandingan berakhir, Spanyol unggul 4-1 atas Georgia. La Roja harus mempersiapkan diri untuk melawan Jerman di perempat final Piala Eropa 2024.