Bintang Georgia Bersemangat untuk Menang di Euro 2024 Karena Pesan Cristiano Ronaldo, CR menginspirasi timnya untuk meraih kemenangan bersejarah melawan Portugal dan melaju ke babak 16 besar Euro 2024

Bola Skor – Bintang tim nasional Georgia, Khivcha Kvaratskhelia, mengatakan bahwa bertemu dengan Cristiano Ronaldo sebelum pertandingan melawan Portugal mendorong timnya untuk menang bersejarah, membawa mereka ke babak 16 besar Euro 2024.

Georgia mengejutkan dunia sepak bola dengan kemenangan 2-0 atas Portugal di Arena AufSchalke pada Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Baca Juga :

Tampil Impresif Melawan Lawan Jerman di Euro 2024, Manchester United Mencari Pemain Swiss yang Berbakat

Kvaratskhelia mencetak gol pembuka dalam pertandingan tersebut setelah 92 detik. Dari titik penalti, Georges Mikautadze memastikan kemenangan Georgia.

Dengan kemenangan ini, tim Georgia masuk ke sistem gugur dalam penampilan pertama mereka di turnamen besar. Kvaratskhelia menerima seragam Ronaldo sebagai kenang-kenangan.

“Saya mendapatkan jersey Ronaldo dan kami berhasil lolos ke babak berikutnya,” kata Kvaratskhelia dalam konferensi pers melalui seorang penerjemah. Ini adalah hari terbaik bagi pecinta sepak bola Georgia. Tidak ada yang percaya bahwa kita akan membuat sejarah.

Sebelum pertandingan, Kvaratskhelia, yang menyebut Ronaldo sebagai idola masa kecilnya, merasa sangat terinspirasi setelah pemain Portugal tersebut mendoakan dia akan menang. Tidak pernah terlintas di benak saya bahwa dia akan datang dan berbicara dengan saya. Kvaratskhelia menyatakan bahwa dia adalah pemain yang luar biasa dan orang yang luar biasa.

Sebelum pertandingan, Cristiano Ronaldo mengunjungi Kvaratskhelia untuk memberikan dorongan moral yang luar biasa kepada pemain muda tersebut. Itu luar biasa ketika dia datang untuk berbicara dengan Anda sebelum pertandingan. Dia menambahkan, “Itu membantu kami percaya bahwa kami bisa melakukan sesuatu hari ini.”

Bersejarah Moment Georgia

Sebelumnya bermain untuk klub sepak bola, Kvaratskhelia memenangkan Serie A bersama Napoli pada 2022/2023 dan mengatakan bahwa itu adalah hari terbaik dalam hidupnya.

Dia berkata, “Scudetto adalah momen yang mengesankan bagi saya, tetapi saya lebih bahagia hari ini karena ketika Anda bermain untuk negara Anda, itu membuat Anda sangat bangga.”

Sampai peluit akhir berbunyi, pelatih Georgia Willy Sagnol juga tidak yakin bahwa timnya lolos. Dia kemudian membandingkannya dengan kebangkitan Manchester United di final Liga Champions 1999.

Mantan pemain Bayern Munchen itu mengatakan, “Jika Anda ingin saya jujur, hanya ketika wasit meniup peluit akhir saya baru percaya.” Sepak bola telah menciptakan banyak cerita seperti itu, ketika Anda berpikir Anda menang atau kalah di menit-menit terakhir—Bayern melawan MU muncul di benak saya.

Portugal Mengingat Georgia

Georgia melaju ke babak berikutnya sebagai salah satu dari empat tim terbaik peringkat ketiga di turnamen. Turki, yang mengalahkan Republik Ceko pada Rabu, berada di posisi kedua setelah Portugal.

Sebaliknya, Roberto Martínez, pelatih tim Portugal, menyatakan bahwa timnya tidak meremehkan Georgia meskipun melakukan delapan perubahan pada starting lineup.

“Mereka tampil bersemangat untuk mencetak sejarah lolos ke babak gugur untuk pertama kalinya di Euro,” katanya.

Ronaldo hanya bermain selama 65 menit dan tidak memiliki peluang untuk mencetak gol. Sejak Euro 2004, rekornya untuk mencetak gol di fase grup telah terhenti. Martínez berjanji untuk memasukkan kembali pemain penting seperti Reben Dias, Bernardo Silva, dan Bruno Fernandes saat Portugal menghadapi Slovenia di babak berikutnya.